Jumat, 03 Agustus 2012

Baduy


Tidak pernah terpikir sebelum nya untuk pergi ketempat ini, dikarenakan rasa ingin tahu yang besar karena banyak teman yang sudah berkunjung ke Baduy. Akhirnya saya memutuskan liburan kali ini untuk pergi ke Baduy. Pagi-pagi sekali dengan mengendarai motor, saya dan teman-teman berangkat untuk menuju Baduy. Sesampai nya diterminal Ciboleger kami semua memarkirkan motor dan beristirahat sejenak dirumah penduduk, dari sini lah kami mendapat guide penduduk setempat yang bersedia untuk mengantarkan kami memasuki wilayah Baduy luar..

Jembatan di Baduy Luar

Lumbung padi suku Baduy

gadis kecil sedang membuat kerajinan tangan khas Baduy

Bocah Baduy sedang asik bermain sepak bola

Rumah penduduk suku Baduy


Orang Kanekes atau orang Baduy/Badui adalah suatu kelompok masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Populasi mereka sekitar 5.000 hingga 8.000 orang, dan mereka merupakan salah satu suku yang menerapkan isolasi dari dunia luar. Selain itu mereka juga memiliki keyakinan tabu untuk difoto.

Wilayah Kanekes secara geografis terletak pada koordinat 6°27’27” – 6°30’0” LS dan 108°3’9” – 106°4’55” BT (Permana, 2001). Mereka bermukim tepat di kaki pegunungan Kendeng di desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak-Rangkasbitung, Banten, berjarak sekitar 40 km dari kota Rangkasbitung.

0 komentar:

Posting Komentar